Tuesday, April 1, 2014

Inilah Bunga Yang Diidamkan Oleh Ibu Rapunzel Ketika Mengandungkannya

Tumbuhan ini bernama Rapunzel Glocken Blume, atau Rapunzel saja bagi sejumlah warga Jerman. 

Tumbuhan inilah yang dicuri ayah Rapunzel dari kebun Dame Gothel demi memenuhi keinginan si istri yang sedang ngidam. Tanaman ini memiliki nama latin Campanula Rapunculus. 'Campanula' berarti lonceng kecil, sesuai dengan bentuk kelopak bunganya yang seperti lonceng atau terompet. Sedangkan 'rapunculus' berasal dari kata 'rapa' yang berarti lobak kecil.

Rapunzel glocken blume memiliki bunga kecil berwarna biru muda atau ungu sepanjang dua sentimeter yang tumbuh di sepanjang batang. Bunga itu biasanya mekar pada bulan Mei sampai September. Rapunzel glocken blume banyak ditemui di Eropa. Daunnya biasa dijadikan salad karena rasanya yang renyah seperti selada atau bayam. Akarnya yang menggembung seperti tanaman lobak juga bisa dimakan.


Di negara lain, Inggris misalnya, tanaman ini dikenal dengan nama cornsalad atau selada jagung, karena tanaman tersebut banyak ditemui di ladang dan mulanya dikenal sebagai hama tanaman. Di Inggris pun Rapunzel dikenal sebagai tanaman bunga yang bisa dimakan. Biasanya dijadikan bahan campuran salad sayuran. Tetapi konsumsinya tidak sebanyak di Jerman.

No comments:

Post a Comment